Jet tempur Saudi yang jatuh akibat serangan yang dilancarkan oleh tentara Yaman.

Najran,LiputanIslam.com—Tentara Yaman, dalam lanjutan serangan balasan atas agresi militer yang dilakukan rezim Saudi ke negaranya, berhasil menjatuhkan sebuah jet tempur Saudi di sebelah barat daya Provinsi Najran.

Jaringan televisi berbahasa Arab melaporkan bahwa unit pertahanan udara tentara Yaman yang berada di sebelah barat laut Provinsi Sa’ada mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menumbangkan jet tempur Saudi di Provinsi Najran.

Serangan tersebut datang setelah tentara Yaman dan komite populer meluncurkan rudal balistik jarak jauh yang dijuluki sebagai “Borkan-2 (Volcano-2” ke arah Riyadh pada Jum’at malam, (19/05).

Rudal balistik tersebut diluncurkan beberapa jam sebelum kedatangan Presiden AS, Donald Trump, di Riyadh untuk berkunjung ke kerajaan Arab, yang merupakan kunjungan luar negeri pertamanya di negara ini semenjak ia menjadi Presiden.

Setelah serangan rudal dilakukan, juru bicara tentara Yaman mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan sebuah pesan yang jelas dan penting yang bermakna “kami semua siap untuk menanggapi” agresi tersebut.

Serangan yang dilakukan oleh tentara Yaman tersebut merupakan balasan atas pembantaian warga sipil yang terus dilanjutkan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman.

Sejak 25 Maret, 2015, Saudi Arabia dan beberapa negara Arab yang tergabung dalam aliansi pimpinan Saudi telah melancarkan serangan atas gerakan Houthi Ansarullah. Serangan tersebut dilakukan untuk mengembalikan kepemimpinan Presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi, yang merupakan sekutu dekat Riyadh.

Berdasarkan atas Pusat HAM dan Pembangunan Yaman, kampanye militer Saudi telah merenggut nyawa lebih dari 12.000 warga Yaman dan menyebabkan lebih dari 20.000 orang dalam keadaan luka-luka. (fd/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL