Caracas,LiputanIslam.com-Menteri pertahanan dan para panglima angkatan bersenjata Venezuela tampil di televisi dan menyuarakan dukungan untuk presiden sah negara ini. Mereka meminta agar kelompok oposisi tidak melakukan kudeta.

Vladimir Padrino Lopez menolak permintaan sejumlah pihak agar tentara Venezuela bergabung dengan oposisi. Dia kembali mendeklarasikan loyalitasnya kepada Nicolas Maduro.

Lopez mengatakan, upaya kelompok oposisi untuk menyingkirkan pemerintahan sah adalah sebuah tindakan kudeta.

Dilansir dari New York Times, Lopez menyinggung keberadaan sebuah pemerintahan palsu yang dipimpin Juan Guaido (ketua Dewan Nasional Venezuela).

“Pemerintahan palsu ini tidak punya legalitas dan juga tidak didukung rakyat,”tandas Lopez.

Menurutnya, kelompok oposisi berniat menciptakan kerusuhan dan kekacauan di tengah masyarakat. “Kami berada di sini untuk mencegah timbulnya gesekan antar warga Venezuela. Perang saudara tidak akan menyelesaikan masalah negara ini,”tegasnya.

Sejak kemarin, AS dan mayoritas negara-negara Barat menyebut pemerintahan terpilih Venezuela sebagai “pemerintahan ilegal.” Mereka juga mendukung Guaido untuk mengambil alih kendali pemerintahan.

Sikap AS dan Barat ini ditanggapi keras oleh Rusia, Iran, Turki, dan sejumlah negara lain. Mereka menegaskan bahwa norma-norma demokrasi harus dihormati.

Menurut New York Times, oposisi Venezuela dan pendukung mereka  berharap agar tentara negara ini turut melengserkan Maduro. Namun statemen Lopez di media elektronik telah memupus harapan tersebut. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*