Saudi,LiputanIslam.com—Tentara Saudi telah menembak mati seorang pemuda dalam penggerebekan di desa al-Awamiyah, di wilayah Qatif, Saudi Arabia.

Jaringan media Nimr melaporkan bahwa tentara Saudi telah melakukan penggerebekan di desa al-Awamiyah, Provinsi Saudi Timur, dan mengelilingi desa tersebut selama lebih dari tiga jam.

Kabarnya, mereka berusaha untuk menghancurkan bangunan tempat tinggal di desa tersebut. Namun, upaya tersebut menemui kegagalan.

Berdasarkan atas laporan, beberapa saat kemudian terdengar suara ledakan dan seorang pemuda pun meninggal.

Provinsi di Saudi bagian timur, yang populasinya dihuni oleh penganut mazhab Syiah, telah menjadi lokasi demonstrasi damai sejak Februari 2011. Para pemrotes telah menuntut reformasi, kebebasan berekspresi, pembebasan tahanan politik, dan berakhirnya diskriminasi ekonomi dan agama terhadap wilayah kaya minyak tersebut.

Demonstrasi damai tersebut justru disambut dengan tindakan keras oleh rezim Saudi. Bahkan, petugas keamanan pun telah meningkatkan intensitasnya di seluruh provinsi tersebut.

Selama beberapa tahun terakhir, Riyadh juga telah mendefinisikan ulang undang-undang anti-terorisme. Sehingga, para aktivis pun kini masuk dalam jeratan undang-undang itu.

Pada bulan Januari 2016, otoritas Saudi telah mengeksekusi ulama Syiah, Sheikh Nimr Baqir al-Nimr, yang merupakan kritikus vokal atas kebijakan rezim pemerintah Saudi. (fd/Prestv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL