Damaskus,LiputanIslam.com—Komandan militer Irak, Shakir Abid, mengatakan bahwa satu unit pasukan khusus Norwegia telah diberikan izin untuk memasuki Suriah melalui perbatasan AL-Waleed yang berada di sebelah barat Anbar.

Unit pasukan Norwegia tersebut tiba di wilayah Al-Tanf, sisi perbatasan Suriah, markas tentara AS yang mendukung tentara Suriah kontra-pemerintah (FSA). Tentara Suriah kontra-pemerintah ini telah lama menjadi target Tentara Arab Suriah (SAA) di sepanjang jalan Damaskus-Baghdad.

Tentara Irak, Penjaga perbatasan Irak, dan Polisi Federal Irak juga turut menyediakan jalur yang aman untuk pasukan khusus Norwegia agar terhubung dengan tentara AS dan Inggris yang telah berada di wilayah timur Homs, sekalipun pemerintah Damaskus keberatan atas tindakan tersebut.

Shakir Abid juga mengatakan bahwa ISIS pun telah berada 50 kilometer di sebelah utara perbatasan dan pertempuran di wilayah padang pasir tersebut terus berlanjut.

Menurut Washington, tentara koalisi pimpinan AS telah aktif di wilayah perbatasan Al-Tanf selama berbulan-bulan bersama dengan pejuang FSA (kontra pemerintah Suriah) yang berasal dari Provinsi Deir Ezzor.

Sementara itu, Tentara Arab Suriah terus melaju mendekati persimpangan perbatasan Al-Tanf dan angkatan udara Amerika lagi-lagi berusaha menghalangi dan melayangkan serangan untuk kedua kalinya. (fd/AMD)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL