Yangon,LiputanIslam.comReuters mewartakan, pemimpin umat Katolik sedunia bertemu dan berdialog dengan para tokoh minoritas agama di Myanmar, Selasa (28/11). Dalam pertemuan tersebut, Paus Fransiskus bicara soal “Solidaritas dalam Kemajemukan.” Namun dia tidak menyinggung masalah Rohingya sama sekali.

Dia juga bertemu secara khusus dengan panglima tentara Myanmar di Yangon pada Senin (27/11). Kunjungan Paus ke Myanmar dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan di negara itu lantaran kecaman internasional terkait pembantaian etnis Rohingya.

Pemimpin Katolik sedunia ini juga direncanakan mengunjungi Bangladesh. Lebih dari 620 ribu Muslim Rohingya lari ke negara ini demi menghindari pembantaian massal. Badan Amnesti Internasional menyebut pemerintah Myanmar melakukan “kejahatan atas kemanusiaan.” Meski demikian, militer Myanmar menyangkal semua tuduhan pembunuhan, pemerkosaan, dan pengusiran yang dialamatkan kepada mereka.

Seorang tokoh Muslim dalam pertemuan tersebut memohon agar Paus meminta pemerintah Myanmar menjamin “keselamatan agama yang kami yakini.” Kendati demikian, Paus tak bicara sepatah kata pun soal warga Rohingya.

Usai pertemuan di Yangon, Paus Fransiskus direncanakan pergi ke ibukota Myanmar untuk menemui Aung San Suu Kyi, pemimpin Myanmar. (af/yjc)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL