Harare,LiputanIslam.com-Usai Robert Mugabe mengundurkan diri dari kursi presiden, seorang anggota parlemen Zimbabwe mengatakan, ruang parlemen diwarnai tawa dan tangis para hadirin.

Terence Mukupe dalam wawancara dengan BBC mengatakan, para wakil rakyat dari partai berkuasa (Zanu-PF) tidak menghendaki jabatan Mugabe berakhir seperti ini.

“Kami mencintai presiden dan sudah waktunya untuk dia pensiun. Namun orang-orang di sekeliling Mugabe, terutama istrinya, adalah konsultan yang buruk baginya. Kami prihatin dia harus berakhir dengan cara seperti ini,”kata Mukupe.

Semua anggota parlemen, kata Mukupe, sepakat bahwa Mugabe harus pensiun. Mereka berharap dia mengambil keputusan tepat dan menyatakan pengunduran dirinya lebih cepat agar proses pemindahan kekuasaan berjalan lebih lancar.

“Mereka yang menangis untuk Mugabe masih menganggapnya sebagai pendiri negara ini dan sangat mencintainya. Mereka ingin dia menjadi simbol Renaissance di Afrika,”ujarnya.

Usai Mugabe mengundurkan diri, dia akan digantikan Emmerson Mnangagwa, pemimpin partai Zanu-PF saat ini. Mnangagwa akan diambil sumpah sebagai presiden baru Zimbabwe pada hari ini, Rabu (22/11). (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL