imagesKopenhagen,LiputanIslam.com-Jika Anda hanya melihat keindahan atau harga tas saat hendak membelinya, tanpa menyemprotnya dengan antiseptik terlebih dahulu, bersiaplah untuk terkena penyakit parah, bahkan mematikan.

Menurut laporan Seksi Ilmu Kedokteran YJC (Young Jurnalist Club), baru-baru ini sekelompok ahli dari Universitas Metropolitan Denmark mengadakan sebuah penelitian. Mereka menguji tas tangan dan tas alat perhiasan wanita untuk mengidentifikasi mikrob dan bakteri di dalamnya. Hasilnya sungguh mencengangkan.

Di bagian dalam dan luar tas-tas yang terbuat dari kulit asli atau imitasi, kain, nylon, dan sebagainya ini, ternyata ditemukan beragam bakteri dan mikrob yang sangat mematikan.

Sebagian dari bakteri-bakteri itu adalah salmonella, pediococcus, staphylococus epidermidis, dan selainnya. Tiap bakteri ini bisa menimbulkan penyakit parah, bahkan mematikan, pada manusia.

Salmonella adalah salah satu bakteri pembawa penyakit paling mematikan di dunia. Di Inggris saja, lebih dari 2500 orang terbaring di rumah sakit akibat bakteri ini. Di antara dampaknya adalah mencret, demam, dan muntah-muntah. Dalam banyak kasus, si penderita harus dirujuk ke rumah sakit.

Jenis bakteri berbahaya lainnya adalah klebsiella pneumonia. Bakteri ini menyebabkan penyakit paru-paru kronis, infeksi saluran kemih, teracunnya darah, dan dampak lainnya. Kebanyakan tas wanita yang diuji ternyata menyimpan bakteri ini.

Kendati bakteri-bakteri ini berjumlah melimpah di tas, biasanya mereka tidak membahayakan. Namun jika ditaruh berdekatan dengan bahan makanan atau perangkat berhias yang bersentuhan langsung dengan kulit, bakteri-bakteri ini bisa menjangkiti manusia.

Berikut ini anjuran dari para ahli kepada para wanita:

  1. Higieniskan tas secara berkala. Misalnya, dengan cara membersihkan bagian dalam dan luar tas dengan sapu tangan antiseptik.
  2. Jangan taruh makanan dalam tas.
  3. Jangan beli tas berbahan kulit atau bulu binatang.
  4. Selalu cuci dan keringkan tas wanita yang sedang hamil atau yang memiliki bayi.(AF/yjc.ir.fa)
DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL