AbuDhabi,LiputanIslam.com-Pemerintah UEA pada hari Kamis (12/7) secara resmi menanggapi laporan Amnesti Internasional terkait peran Abu Dhabi di penjara-penjara rahasia Yaman. Meski menyangkal terlibat, UEA tidak membantah keberadaan penjara-penjara rahasia itu.

UEA mengklaim, penjara-penjara yang disebutkan dalam laporan Amnesti Internasional di bawah kendali pejabat Yaman dan dikelola badan-badan pemerintah negara tersebut.

Abu Dhabi menyebut laporan itu “bermuatan politis dan bertujuan melemahkan upaya UEA dalam bingkai koalisi Arab untuk mendukung pemerintahan sah Yaman,”demikian dilansir WAM, kantor berita resmi UEA.

“Pemerintah UEA telah mengetahui isi laporan yang dipublikasikan Amnesti Internasional tentang penjara-penjara di Yaman. UEA menolak tegas isi laporan itu karena bertentangan dengan kenyataan, sebab UEA tidak mengelola penjara manapun di Yaman.”

Abu Dhabi dalam statemennya tidak mengingkari adanya penjara-penjara rahasia di Yaman.

Kantor berita Associated Press adalah yang pertama kali mengungkap penjara-penjara rahasia UEA di Yaman. Sebuah organisasi HAM di Jenewa, SAM, pada April 2018 melaporkan bahwa UEA mengelola penjara-penjara rahasia yang mempraktikkan penyiksaan brutal terhadap para tahanannya. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*