Kabul,LiputanIslam.com—Seorang anggota Taliban mengatakan pada Minggu (9/7) bahwa mereka telah mengeksekusi mati lima anggota senior kolompok teroris ISIS di wilayah bagian barat Afganistan. Ia mengatakan bahwa pemimpin senior ISIS, ‘Aqa Jalil dan empat orang anggota utama kelompok teroris ini mati di tangan orang-orang Taliban.

Aqa Jalil telah dieksekusi bersama dengan Towhidi, orang nomor dua dari kelompok teroris ISIS yang berada di Afganistan bagian barat.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh anggota Taliban tersebut, pasukan ISIS telah tertangkap saat mereka tengah melakukan perjalanan dari Provinsi Faryab ke Provinsi Nangarhar.

Anggota Taliban tersebut menambahkan bahwa mereka telah lama memantau pergerakan ISIS di Afganistan dan bahkan sempat terjadi bentrok antara anggota dua kelompok teroris ini.

Pada Juni 2017, ISIS sempat mendeklarasikan diri sebagai pemenang dalam perang melawan Taliban. Saat itu, ISIS menyebut Taliban sebagai kelompok orang-orang munafik dan kafir.

Namun, beberapa hari setelah deklarasi tersebut, juru bicara taliban, Zabihullah Mujahid menyampaikan kepada Tasnim bahwa Taliban akan tetap menargetkan ISIS. Selain itu, Zabihullah juga menolak laporan yang mengatakan bahwa kelompoknya telah bekerjasama dengan pemerintah Kabul untuk bertempur melawan ISIS. (fd/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL