Kuwait City,LiputanIslam.com-Harian Kuwait, al-Siyasah, mengklaim bahwa Saudi dan negara-negara yang memutus hubungan dengan Qatar, mengajukan 10 syarat untuk menormalisasi hubungan. Qatar diminta untuk memenuhi syarat-syarat ini dalam waktu 24 jam ke depan.

Sebelum ini, situs Sky News Arabia juga menyiarkan berita ini Selasa malam (6/6). Namun setelah beberapa jam, selain menghapus berita ini, situs tersebut menukil dari sebuah sumber diplomat bahwa dalam pertemuan Emir Kuwait dengan raja Saudi, tidak ada pembicaraan soal pengajuan syarat bagi Qatar.

Meski demikian, al-Siyasah dalam edisi Rabu (7/6) memuat laporan tentang kunjungan Emir Kuwait ke Saudi. Harian ini mengklaim, syarat teratas dari 10 syarat yang diajukan adalah agar Qatar memutus hubungan dengan Iran.

Syarat-syarat lainnya meliputi penghentian siaran stasiun al-Jazeera, keharusan Qatar untuk selalu menyeragamkan langkah dengan kebijakan GCC, pengusiran semua anggota Hamas dan memblokir rekening bank mereka, pengajuan permohonan maaf kepada semua anggota GCC yang telah dilecehkan al-Jazeera, serta komitmen Qatar untuk menaati perjanjian tahun 2012 di masa kekuasaan Raja Abdullah bin Abdul Aziz.

Sampai saat ini, sumber-sumber resmi Kuwait dan Saudi belum menanggapi berita tentang syarat-syarat normalisasi hubungan dengan Qatar ini. (af/alalam/alsiyasah)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL