Syaikh Nimr9Bern, LiputanIslam.com — Keprihatinan atas eksekusi yang dilakukan Arab Saudi terhadap Syaikh Nimr Baqir al-Nimr terus menggema. Kali ini, Swiss mengungkapkan kekecewaannya yang mendalam. Dalam pernyataannya yang dirilis oleh Kementrian Luar Negeri Swiss, negara ini memilih beroposisi atas hukuman mati terhadap ulama Syiah tersebut.

“Kami juga meminta agar semua pemerintah di kawasan tersebut menurunkan tensi ketegangan dan menghindari hal-hal yang bersifat provokatif,” paparnya, seperti dilansir Presstv, (05/1/2016).

Selain itu, Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB juga menyesalkan eksekusi ini. Menurut PBB, Syaikh Nimr Baqir al-Nimr tidak melakukan kejahatan yang serius menurut hukum internasional.

Baca: Beda Nasib Antara Syaikh Nimr dan Abu Bakar Ba’asyir

“Hukuman mati untuk kejahatan yang serius memang diizinkan, meskupun begitu, badan hak asasi manusia secara kontinyu menafsirkan bahwa hukuman mati adalah bentuk pembunuhan. Karenanya, hukuman mati hanya dapat dijatuhkan melalui proses hukum yang ketat, jaminan keadilan dan transparansi.”

“Penerapan hukuman mati dalam kasus ini adalah bentuk moral yang rendah,” kecam Zeid Ra’ad al-Hussein, dalam pernyataannya mewakili PBB.

Ia juga mencatat bahwa Arab Saudi telah mengeksekusi sepertiga dari total eksekusi pada tahun lalu dalam waktu sehari. Ia meminta agar negara monarkhi ini menempatkan moratorium dalam setiap eksekusi.

Kejahatan apakah yang dilakukan Syaikh Nimr sehingga ia dieksekusi?

“Syaikh Nimr, adalah sosok religius yang tertindas dari kaum minoritas. Ia berusaha memperjuangkan kehidupan yang lebih baik, terutama bagi penganut mazhab Syiah di Arab Saudi. Ia melakukan perlawanan tanpa kekerasan,” tulis Dr. Jeff Hood, seorang pastor, teologian dan aktivis dari Texas, Amerika Serikat, yang telah memantau kasus hak asasi manusia di Arab Saudi selama 5 tahun.

Baca: Pastor AS: Lihatlah Syaikh Nimr Jika Ingin Mengenal Gandhi  (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL