Doha,LiputanIslam.com—Sebuah survei yang digelar oleh Arab Center for Research and Policy Studies menunjukkan bahwa di atas 75 persen orang Arab menganggap Israel dan Amerika sebagai ancaman bagi keamanan bangsa Arab. Lembaga survei yang bertempat di Qatar itu juga mengungkap penolakan mayoritas bangsa Arab untuk mengakui Israel. 90 persen responden berpendapat bahwa Israel merupakan penyebab disabilitas di wilayah Timur Tengah.

Seperti dikutip dari portal berita Middle East Eye (MME), mayoritas responden Arab itu marah dengan perlakukan kolonial dan semena-mena yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Survei ini didasarkan atas wawancara terhadap lebih dari 18.000 orang Arab yang tersebar di 11 negara. Lembaga survei yang dikenal dengan nama Arab Opinion Index ini juga mengatakan sulitnya mendapatkan pendapat para penduduk Arab Saudi, terkait isu penindasan yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Saat ditanya tentang Palestina, sekitar 36 persen orang Saudi mengatakan tidak tau atau enggan memberikan jawaban. Fenomena ini berbanding terbalik dengan para penduduk negara Arab lainnya.

Sikap yang ditunjukkan oleh penduduk Arab Saudi ini diduga berkaitan erat dengan tekanan politik yang diberlakukan oleh pemerintah Arab Saudi kepada warganya.

Hasil survei juga mengungkap bahwa 87 persen bangsa Arab memandang negatif kebijakan AS terhadap Palestina. Kebijakan yang dimaksud adalah pemindahan kedubes AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerussalem. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*