Damaskus,LiputanIslam.com-Kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa pemerintahan Suriah siap menukar para tahanannya dengan orang-orang yang diculik para teroris.

Sumber resmi yang dikutip SANA mengatakan,”Setelah menjalin kontak dengan kementerian terkait dan dengan melihat keberhasilan pemerintah Suriah membebaskan sejumlah warga sipil dan serdadu Suriah yang diculik para teroris, … maka pemerintah Republik Arab Suriah menyatakan siap bertukar tahanan dengan kelompok-kelompok teroris.”

Laporan ini menyebutkan, langkah ini diambil berdasarkan pentingnya kehidupan dan keamanan warga yang diculik, juga dalam rangka menyambut diadakannya perundingan damai mendatang di Astana, ibukota Kazakhstan.

Menurut pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri Kazakhstan pada hari Senin (13/2), putaran ketiga perundingan damai Suriah akan dilangsungkan selama dua hari sejak Rabu (15/2) di Astana.

Dalam pernyataan yang dimuat di situs Kemenlu Kazakhstan ini, disebutkan bahwa delegasi dari Iran, Rusia, Turki, pemerintah Suriah, dan pihak oposisi akan menghadiri perundingan ini.

Staffan de Mistura, wakil khusus PBB untuk masalah Suriah, serta wakil Amerika dan Yordania juga akan datang dalam perundingan ini.

Pertemuan di Astana akan membahas sejumlah isu, termasuk gencatan senjata di seluruh Suriah, langkah-langkah untuk menciptakan stabilitas di sejumlah kawasan Suriah, dan perundingan damai mendatang yang diprakarsai PBB di Jenewa (af/presstv).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL