Damaskus,LiputanIslam.com—Tentara Suriah telah berhasil merebut kembali wilayah Damaskus setelah beberapa jam dikuasai oleh kelompok militan Takfiri yang didukung oleh asing, Minggu (19/03).

Sebelumnya, kelompok militan berhasil merebut wilayah Damaskus setelah melakukan serangan malam melalui terowongan bawah tanah. Kelompok Militan Failaq al-Rahman dan afiliasi al-Qaeda di Suriah dilaporkan mengambil bagian dalam serangan itu.

“Tentara Suriah berhasil merebut kembali semua wilayah yang sebelumnya dikuasai oleh para teroris pada Minggu”, ucap seorang pejabat militer, seperti yang dilansir oleh salah satu stasiun TV Suriah, Senin (20/03).

Duta Besar Rusia untuk Damaskus pun menyampaikan bahwa salah satu bangunan kedutaan terkena serangan, selama berlangsungnya pertempuran tersebut.

Kelompok militan datang setelah tentara Suriah dipukul mundur melalui serangan ganda yang dilakukan oleh kelompok teror takfiri, Jabhat Fateh al-Sham, di pedesaan Damaskus pada hari sebelumnya.

Kelompok teroris dan sekutu mereka, merangkak maju dari wilayah Ghouta Timur yang terletak di dekat ibu kota Damaskus pada Minggu pagi. Sehari kemudian, tentara Suriah terlibat baku tembak dengan militan takfiri di wilayah pinggiran Jobar.

Militer Suriah mengatakan bahwa pertempuran tersebut berhasil membunuh dan melukai sejumlah militan takfiri, menghancurkan dua pengguna mobil yang membawa peledak, serta menghentikan mereka ketika hendak menerobos lewat terowongan bawah tanah.

Jobar menjadi pemisah antara Damaskus dan Ghouta Timur, yang dikuasai oleh kelompok besar militan takfiri.

Jabhat Fateh al-Sham sebelumnya dikenal sebagai Front al-Nusro, sebelumnya kelompok ini keluar dari kelompok yang dioperasikan oleh al-Qaeda cabang Suriah.

Suriah telah dicengkeram oleh kelompok militan yang didukung asing sejak Maret 2011. Anggota PBB, utusan Khusus untuk Suriah Staffan de Mistura, memperkirakan bahwa lebih dari 400.000 orang telah tewas dalam konflik tersebut. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL