Damaskus,LiputanIslam.com-Kementerian Luar Negeri Suriah mengkritik pengeboman infrastruktur dan warga sipil yang dilakukan koalisi Amerika. Kritikan ini disampaikan melalui surat kepada Sekjen PBB.

Dalam dua surat terpisah kepada Antonio Guterres dan Dewan Keamanan PBB, Kemenlu Suriah menyatakan bahwa serangan-serangan koalisi Amerika adalah ilegal.

Menurut laporan kantor berita resmi Suriah, SANA, surat ini menyebutkan bahwa koalisi Amerika menargetkan infrastruktur Suriah seperti jembatan, sumur minyak dan gas, perusahaan listrik dan air, serta gedung-gedung. Kemenlu Suriah menilai, tindakan ini berlawanan dengan klaim koalisi perihal perang melawan ISIS dan kelompok-kelompok teroris.

“Suriah kembali meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk tindakan ilegal Amerika. Mereka telah menyerang warga sipil, baik wanita atau anak-anak. Serangan-serangan ini kontradiktif dengan klaim koalisi Amerika terkait HAM dan penghormatan terhadap hukum internasional,”tegas Kemenlu Suriah.

Kemenlu Suriah menambahkan, mereka yang sungguh-sungguh ingin memerangi ISIS, tidak akan menyerang warga sipil, infrastruktur bangsa, dan tentara Suriah. Jet-jet tempur koalisi telah menyerang pasukan Suriah yang sedang memerangi ISIS di kawasan Deir az-Zour. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL