NewYork,LiputanIslam.com-Wakil Suriah di PBB menyatakan, koalisi Amerika untuk memerangi ISIS telah menghancurkan lebih dari 90 persen kota Raqqa, Suriah. Demikian dilansir oleh kantor berita Sputnik.

“Koalisi pimpinan Amerika bukan hanya meluluhlantakkan Raqqa saja, tapi juga tidak menepati janji untuk menjinakkan ranjau-ranjau yang ditanam oleh ISIS,”kata Bashar Jaafari dalam rapat Dewan Keamanan PBB, Rabu (14/2).

Pernyataan Jaafari disampaikan menyusul dirilisnya statemen kelompok bernama Pengawas HAM Suriah pada 12 Februari lalu. Menurut kelompok tersebut, ranjau-ranjau darat milik ISIS di Raqqa telah menewaskan atau melukai sedikitnya ratusan orang, termasuk 150 anak-anak.

Dalam laporan itu disebutkan, jumlah para korban ranjau itu dipastikan melebihi data tersebut. Hal ini disebabkan jumlah mereka yang tewas sebelum dibawa ke rumah sakit, atau kasus-kasus yang belum dilaporkan, jauh lebih banyak dari data yang tercantum di laporan-laporan resmi.

Sebelum dibebaskannya Raqqa pada Oktober 2017 oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika, ISIS memasang ratusan ranjau, perangkap bom, dan alat-alat peledak buatan tangan di kota tersebut. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*