Potret anak-anak Yaman saat berada di reruntuhan rumah mereka usai terkena hantaman rudal koalisi militer Arab Saudi.

Madrid,LiputanIslam.com—Menteri Pertahanan Spanyol telah membatalkan kesepakatan jual beli bom laser sebanyak 400 unit kepada Arab Saudi. Hal ini dilakukan akibat krisis kemanusiaan yang semakin buruk di Yaman akibat gempuran koalisi militer pimpinan Arab Saudi. Pembatalan kontrak ini kemudian disusul dengan pengembalian uang pemerintah Arab Saudi senilai 10 juta dolar AS atau setara dengan 7.8 juta euro.

Bulan Agustus kemarin, Kemhan Spanyol itu menyebut tidak akan pernah menjual senjata yang akan digunakan untuk menyerang warga sipil.

Sebelumnya, Amnesti Internasional dan berbagai organisasi HAM telah mengecam penjualan senjata kepada Arab Saudi beserta para sekutunya, karena dianggap telah menewaskan ribuan nyawa warga sipil Yaman dan menyebabkan jutaan warga Yaman menderita kelaparan.

Perlu dicatat, seperti yang dikutip dari the independent (6/9), penjualan senjata kepada Arab Saudi telah mengalami peningkatan hingga 500% sejak negara itu mulai melakukan invasi militernya ke Yaman pada 2015 silam. (fd/independent)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*