KuwaitCity,LiputanIslam.com-Dalam kunjungan ke Kuwait, sekjen PBB menegaskan, tidak ada yang bisa menekan dia untuk mencantumkan atau menghapus koalisi Saudi dalam daftar pelanggar hak anak-anak.

Menurut laporan stasiun televisi al-Sumaria News, Antonio Guterres mengatakan,”PBB tidak berada dalam tekanan dalam menulis laporan tentang tewasnya 689 anak-anak Yaman akibat serangan koalisi Saudi.”

Guterres mengklaim, tidak ada tekanan atas PBB. Andai pun ada, tekanan itu tak akan berguna. “Tim teknis sedang melaksanakan misinya dan laporannya akan diberikan kepada saya. Setelah itu, saya akan melakukan apa yang saya anggap benar,”ujarnya.

Sebelum ini, laporan PBB tentang pelanggaran hak anak-anak oleh koalisi Saudi dibatalkan oleh Ban Ki-moon, sekjen PBB saat itu.

Waktu itu, Ban Ki-moon menuduh Saudi mengintimidasi PBB. Sejumlah media juga memberitakan ancaman Saudi untuk menghentikan bantuan bagi program-program PBB.

Sabtu sore (26/8) koalisi pimpinan Saudi mengakui telah melakukan serangan udara di Sanaa yang menewaskan 14 warga sipil.

Pihak agresor menyebut serangan itu ‘tidak disengaja’ dan selanjutnya balik menuding Ansharullah sebagai dalang utama peristiwa tersebut. (af/isna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL