Pyongyang,LiputanIslam.com-Usai perundingan dua hari dengan para pejabat Korut, menlu AS, Mike Pompeo, meninggalkan Pyongyang menuju Tokyo.

Jubir kemenlu AS yang menyertai Pompeo ke Korut, menyatakan bahwa menlu AS pergi ke Jepang untuk melaporkan hasil pembicaraannya dengan Pyongyang kepada para sekutu Washington.

Sebelum meninggalkan Korut, Pompeo berkomentar singkat soal hasil pertemuannya dengan para pejabat negara tetangga Korsel itu. Dia berkata, pertemuan tersebut “sangat konstruktif.”

“Masalah-masalah yang ada memang kompleks. Namun kami telah mencapai kemajuan dalam semua topik utama dan vital. Ada kemajuan dalam beberapa bidang, namun masih ada banyak hal yang mesti dikerjakan dalam sebagian bidang lain,”lanjut Pompeo.

Di lain pihak, menlu Korut justru memberikan komentar yang berlawanan dengan Pompeo. Ri Yong-ho menyebut pertemuan dengan menlu AS itu “sangat memprihatinkan.”

Menlu Korut menyatakan, keinginan Washington soal pelucutan senjata nuklir di Semenanjung Korea adalah “tuntutan sepihak.” (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*