Washington,LiputanIslam.com-Senator senior Amerika menyamakan skandal-skandal pemerintahan Donald Trump dengan kasus Watergate. Seperti diketahui, kasus ini berujung pada pelengseran presiden Amerika saat itu.

John McCain mengatakan,”Saya rasa, kita pernah melihat kejadian ini sebelumnya. Dari sisi kuantitas, kejadian ini sama seperti Watergate.”

Sebelum ini, para analis politik di Amerika membandingkan pemecatan kepala FBI oleh Trump dengan skandal Watergate. Skandal Watergate menyebabkan presiden Amerika saat itu dimakzulkan dari jabatannya.

Pada 20 Oktober 1973, Richard Nixon mengambil langkah kontroversial dengan memecat jaksa khusus yang bertugas menyelidiki skandal Watergate. Dalam kasus ini, Nixon dituduh memerintahkan agen-agen FBI memasuki Hotel Watergate untuk memasang alat penyadap. Hotel itu digunakan sebagai markas kampanye Partai Demokrat, partai rival Nixon.

Kasus ini dikomparasikan oleh para analis dengan langkah Trump yang memecat kepala FBI baru-baru ini. Para analis memprediksi, Trump juga akan bernasib serupa seperti Nixon.

Konon, pemecatan James Comey dilatarbelakangi upaya Trump untuk mencegah investigasi atas hubungan tim kampanyenya dengan pemerintah Rusia. Setelah Comey dipecat, Trump dihadapkan dengan kasus lain, yaitu pembocoran informasi rahasia kepada Moskow. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL