Rudal Fateh 110

Teheran,LiputanIslam.com-Pemimpin Iran dalam sebuah pidato di depan ribuan anggota Basiji (semacam milisi rakyat) pada hari Kamis (4/10) menyatakan, kemampuan rudal Iran diakui dunia, bahkan termasuk musuh bebuyutan Iran sendiri, yaitu Israel.

“Beberapa tahun lalu, seorang pejabat Israel menyanjung rudal-rudal kita, Dia berkata, ‘saya angkat topi kepada orang yang merancang rudal-rudal ini,’”kata Ayatullah Ali Khamenei.

Pernyataan Ayatullah Khamenei ini merujuk kepada ucapan Uzi Rubin pada 17 Juli 2015 lalu di Washington. Saat itu, Rubin memuji kinerja rudal-rudal yang dibuat Republik Islam Iran.

Rubin adalah direktur program rudal Rezim Zionis dari tahun 1991 hingga 1999. Sejak masa itu, dia kerap merilis statemen tentang program dan kemampuan rudal Iran, yang mendapat banyak perhatian dari dunia.

Dalam sebuah pidato pada 17 Juli 2015 itu, Rubin membahas salah satu rudal ternama Iran, yaitu Fateh 110. Saat itu, dia mengatakan, Iran sukses mengupgrade sebuah roket 610 mm menjadi sebuah rudal untuk menembus sistem pertahanan rudal, agar bisa menargetkan pangkalan-pangkalan AS dan sekutunya di kawasan.

“Saya adalah seorang insinyur. Sebagai insinyur, harus saya katakan bahwa orang-orang Iran telah merancang Fateh 110 dengan sangat baik,”kata Rubin.

Dalam kesempatan itu, Rubin juga memuji rudal terpandu Fajr 5 dan rudal cruise Soumar. Terkait dengan Soumar, dia menegaskan, rudal itu bukanlah tiruan dari rudal KH-55 milik Rusia, sebab memiliki sejumlah perbedaan mencolok dengan versi Rusia.

Rudal Soumar

Menurut Rubin rudal Mousar adalah sebuah capaian besar para teknisi Iran. “Secara teknis, saya angkat topi kepada orang-orang yang telah melakukan pekerjaan ini,”ucapnya saat itu.

“Iran meraih keberhasilan ini saat mereka diembargo. Bayangkan apa yang bisa dikembangkan mereka andai tak ada embargo,”lanjutnya. (af/alalam/tasnim)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*