Belgrad,LiputanIslam.com-Menteri luar negeri Serbia menyatakan, negaranya ingin tetap menjalin hubungan baik dengan Rusia. Oleh karena itu, Belgrad tidak akan mengusir para diplomat Rusia dari Serbia.

Menurut Ivica Dacic, Inggris pekan lalu meminta Serbia agar Belgrad mengikuti sikap politik London dalam mengusir diplomat Rusia. Permintaan ini disampaikan saat Serbia tengah menghadapi masalah di Kosovo (penangkapan seorang pejabat Serbia).

“Bagi mereka (Inggris), hanya masalah ini yang penting. Sebab itu, kita juga harus memikirkan kepentingan diri kita sendiri. Serbia memastikan tak akan mengusir para diplomat Rusia,”tutur Dacic.

Serbia memiliki hubungan baik dengan Rusia dan tak akan membiarkan hubungan ini menjadi keruh.

Rusia adalah negara yang membela kepentingan Serbia, khususnya Kosovo, di PBB dan lembaga-lembaga internasional lain.

Kendati mendapat tekanan untuk menjatuhkan sanksi atas Rusia, Serbia bersikukuh tidak mengekor kebijakan Uni Eropa dan AS.

Seperti diketahui, lebih dari 25 negara, termasuk AS dan negara-negara anggota UE serta NATO, mengusir lebih dari 150 diplomat Rusia sebagai solidaritas untuk Inggris.

Langkah ini dilakukan karena London menuduh Moskow terlibat dalam peracunan Sergei Skripal, mantan mata-mata Rusia yang hidup di Inggris.

Rusia pun balas mengusir 59 diplomat dari 23 negara sebagai jawaban atas pengusiran para diplomatnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL