Serangan di Idlib

serangan di Idlib

Hasakah, LiputanIslam.com — Serangan yang dilakukan oleh koalisi militer pimpinan Amerika Serikat (AS) di Suriah menewaskan puluhan warga sipil. Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di London mengklaim setidaknya 38 orang tewas di Hasakah sejak serangan yang dilakukan sejak hari Selasa minggu ini.

Letnan Jenderal Chares Brown, Kepala Komando Pusat Angkatan Udara AS menyatakan bahwa pihaknya menyadari ada korban yang jatuh dari rakyat sipil, karena itu ia akan memulai penyelidikan untuk mengevaluasi kredibilitas pasukannya.

Seperti yang dilansir Presstv, (19/2/2016) korban sipil jatuh ketika serangan terjadi sebuah rumah sakit yang dikelola oleh Doctor Without Border di Idlib, yang menewaskan sedikitnya 25 orang. Pemerintah Suriah menyebut bahwa dari informasi intelejen, pesawat tempur AS yang melakukan serangan itu, namun Washington membantah.

Apa yang sebenarnya dilakukan AS di Suriah?

AS dan koalisinya melakukan serangan udara di Suriah tanpa adanya mandat dari PBB ataupun koordinasi dengan pemerintah Suriah sejak tahun 2014. Klaimnya, serangan itu dilakukan untuk menargetkan kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Oktober 2015 lalu, pemerintah AS mengaku akan meniadakan membangun kekuatan milisi di Suriah untuk memerangi ISIS, dan mengakui kegagalannya walaupun telah menghabiskan 500 juta dolar untuk melatih ribuan milisi.

Dalam sebuah wawancara pada Oktober 2015, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov meragukan serangan udara pimpinan AS di Suriah, mengatakan bahwa hasil dari pasukan koalisi AS tidak jelas.

“Washington harus memutuskan apakah tujuan dari serangan adalah untuk membasmi teroris atau menggunakan kekuatan ekstremis demi mengejar agenda politiknya sendiri. Apakah mereka sepenuhnya tulus?

Lavrov juga menuduh bahwa semua senjata dan amunisi yang disediakan oleh AS untuk ‘pemberontak moderat Suriah’ pada akhirnya akan berakhir di tangan kelompok yang disebut teroris. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL