This photo taken at the State Specialist Hospital in Maiduguri, on September 21, 2015

Abuja, LiputanIslam.com — Kelompok teroris Boko Haram telah melakukan serangkaian serangan di kota Miduguri, Nigeria, dan telah menewaskan puluhan orang. “Teroris menyerang kota dengan menggunakan roket dan bom bunuh diri,” ujar saksi mata.

Setidaknya 50 orang telah tewas dan puluhan lainnya menderita luka-luka dalam serangan tersebut. Menurut militer Nigeria, Boko Haram menyerang di empat titik masuk. Banyak warga sipil yang terperangkap dalam baku tembak tersebut.

Dalam ledakan lainnya, ada gadis meledakkan dirinya di kawasan Buraburin, yang menewaskan beberapa orang. “Kami dikepung. Dan kami tidak tahu berapa jumlah gadis pelaku bom bunuh diri yang menyelinap ke Maiduguri tadi malam,” jelas Yunusa Abdullahi, seperti dilansir Presstv, (29/12/2015).

Seorang perawat dari Rumah Sakit Maiduguri menyatakan bahwa puluhan orang menderita luka yang sangat kritis terutama anak-anak dan perempuan, tidak mampu bertahan hidup. Rumah sakit dipenuhi pasien.

Maiduguri, adalah kota yang menjadi tempat lahirnya kelompok Boko Haram.

Sementara itu di tempat terpisah, terjadi serangan mematikan yang juga dilakukan oleh Boko Haram. Di pasar dekat stasiun Madagali, sekitar 150 km dari Maiduguri, terjadi dua kali ledakan yang menurut saksi mat, telah menewaskan sekitar 30 orang.

Pihak berwenang setempatm Brigadir Jenderal Victor Ezugwu, mengkonfirmasi serangan itu, namun mengatakan jumlah korban belum dapat dikonfirmasi.

Jika ditotal, maka seluruh korban dalam serangan di dua lokasi ini telah menewaskan sedikitnya 80 orang. Boko Haram masih eksis menebar terorisme, jauh berbeda dengan apa yang diklaim oleh Presiden Nigeria Muhammad Buhari baru-baru ini. Ia menyebut bahwa Boko Haram secara teknis telah dikalahkan. Sekitar 20.000 orang telah tewas di Nigeria sejak Boko Haram aktif di Nigeria. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL