Riyadh,LiputanIslam.com-Menlu Saudi menyatakan negaranya mendukung langkah presiden AS keluar dari JCPOA dan pemberlakuan kembali embargo-embargo ekonomi atas Iran.

Adel al-Jubeir mengatakan,”Kami beserta para sekutu Saudi akan mengkaji bahaya kebijakan-kebijakan ekspansif Iran.”

Saudi mengklaim, Iran menggunakan keuntungan ekonomi yang diperoleh dari JCPOA untuk merusak stabilitas regional dan mendukung teroris. Riyadh juga berharap masyarakat internasional meniru Washington dalam mengambil sikap tegas dan seragam terhadap Teheran.

Senada dengan Saudi, Bahrain dan UEA juga menyetujui keputusan Trump keluar dari kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara 5+1.

Kementerian luar negeri dan kerjasama internasional UEA meminta agar negara-negara yang tergabung dalam kesepakatan JCPOA mendukung langkah Trump. Langkah Trump disebut dalam rangka “mensterilkan Timur Tengah dari senjata nuklir dan pemusnah massal demi menjaga keamanan serta stabilits internasional.”

PM Israel juga memberi tanggapan positif terhadap keputusan presiden AS. Benyamin Netanyahu menyebutnya sebagai “keputusan yang benar dan berani.”

Trump beralasan bahwa kesepakatan JCPOA tidak bisa menjamin bahwa Iran tak akan membuat senjata nuklir di masa mendatang. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*