Washington,LiputanIslam.com-Para senator Republik yang menguasai mayoritas suara, menolak pasal tambahan yang membatasi dukungan AS kepada koalisi Saudi di perang Yaman.

Meski media-media memprediksi adanya upaya Kongres AS untuk menekan pemerintah perihal dukungan kepada agresi Yaman, namun pada akhirnya para senator Paman Sam tetap menyetujui kelanjutan dukungan tersebut.

Pasal tambahan di atas diusulkan oleh Chris Murphy (senator Demokrat dari Kentucky) kepada Majelis Senat. Namun usul itu ditentang oleh para senator Republik.

Murphy mengomentari penolakan ini dengan mengatakan, keputusan ini berarti “kelanjutan partisipasi dalam pembantaian anak-anak Yaman.”

“Saya tidak bisa membayangkan bahwa kita terlibat dalam pembantaian anak-anak Yaman atas kehendak kita sendiri, apalagi ketika itu tidak memiliki manfaat untuk keamanan AS. Ini sungguh gila,”ujar Murphy.

Menurutnya, berdasarkan pasal tambahan ini, dukungan Washington terhadap koalisi Saudi bergantung pada penegasan menhan AS, bahwa koalisi Saudi tidak melanggar hukum internasional dan mereka harus melindungi warga sipil dari serangan.

Saat berbicara di Majelis Senat, Murphy berdiri di sebelah foto sisa-sisa serangan koalisi Saudi ke sebuah upacara pemakaman. Dia mengecam dukungan Washington kepada agresor dan mengatakan,”AS adalah pemain kunci dalam misi serangan ke Yaman.”

Senator dari Kentucky ini juga menyinggung serangan udara ke sebuah bus sekolah di Dhahyan, provinsi Saadah, yang menewaskan lebih dari 50 orang dan melukai puluhan lainnya.

“Tanggapan pertama Saudi adalah pernyataan bahwa bus itu merupakan target militer. Sangat mustahil sebuah bus sekolah menjadi target legal militer. Bus itu memuat puluhan anak yang terbunuh karena sebuah bom seberat 500 pon; bom yang dibuat di AS dan dijual kepada koalisi (Saudi),”kata Murphy.

“Alih-alih memercayai laporan yang disusun pemerintah AS, yang menyebut penargetan (koalisi Saudi di Yaman) kian membaik, kita harus meyakini apa yang terjadi di depan mata kita. Masalahnya adalah, target-target koalisi (Saudi) adalah bus sekolah, upacara pemakaman, infrastruktur penyulingan air, dan sebagainya.”

“Pada hakikatnya, pelaku yang menyebabkan banyak korban dari warga sipil (di Yaman) adalah pihak yang didukung oleh kita,”pungkas Murphy. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*