Damaskus,LiputanIslam.com-Senator AS dari Virginia menegaskan tidak mungkin tentara Suriah melakukan serangan kimia ke Khan Sheikhoun.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi al-Mayadeen, Richard “Dick” Black mengatakan,”Saya berpendapat, mustahil tentara Suriah melakukan serangan ini. Saya pernah hadir di berbagai medan tempur, juga berpengalaman sebagai seorang pilot. Selama enam tahun terakhir, saya mengikuti perkembangan Suriah dan negara-negara tetangganya.”

Menurut Black, setelah tiap peristiwa, bukti dan motifnya harus diselidiki. Dia menantang semua pihak untuk menjelaskan: apa motif Assad melakukan serangan kimia?

“Tentara Suriah telah kehilangan serdadu dalam jumlah besar dalam perang, sekitar 80 ribu orang. Mereka bertempur di medan-medan berat di Damaskus, Deir ez-Zor, dan Aleppo. Andai mereka menggunakan senjata kimia, bisa jadi serdadu mereka turun menjadi korban,”ungkapnya.

Dia menambahkan,”Di lain pihak, Suriah juga telah menyerahkan semua persediaan bahan kimianya. Tentu saya tidak menepis kemungkinan masih adanya sebagian bahan kimia di Suriah. Namun, dugaan bahwa Assad membantai warga sipil dengan senjata kimia, sangat tidak bisa diterima. Sebab, andai dilakukan, seluruh dunia akan memusuhi Suriah. Maka, tidak logis jika dia melakukan serangan ini.”

Saat ditanya tentang peran Assad dalam menyelesaikan krisis Suriah, Black menyatakan, semua pihak harus bersikap realistis, karena Assad didukung rakyat dan tentara Suriah.

“Mereka yang ingin melengserkan Assad tahu, dia sangat dicintai rakyatnya. Selama enam tahun ini, pihak oposisi tak bisa menemukan pengganti Assad. Semua figur yang ditawarkan tidak memiliki elektabilitas sebaik Assad di mata rakyat Suriah. Jika kita memaksa Assad lengser, bisa jadi al-Qaeda yang akan berkuasa dan kita akan menyaksikan berdirinya kekhalifahan buas di Suriah,”pungkasnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL