Washington,LiputanIslam.com-Sejumlah senator Amerika mengajukan usul pengkajian ulang kesepakatan jual beli senjata antara Amerika dan Saudi.

Menurut laporan Reuters yang dikutip Sputnik Arabic, berdasarkan UU Pengawasan atas Ekspor Senjata yang disahkan tahun 1976, tiap anggota Senat dibolehkan menuntut majlis ini untuk mengadakan voting terkait kesepakatan persenjataan yang telah diketahui secara resmi oleh Kongres.

Topik kesepakatan penjualan senjata Amerika-Saudi telah resmi diberitahukan pada 19 Mei kepada Komite Hubungan Luar Negeri Majlis Senat Amerika.

Reuters melaporkan, para senator yang mengajukan usulan ini adalah Rand Paul (Republik) serta Chris Murphy dan Al Franken (Demokrat).

Dalam pernyataannya, Paul mengatakan,”Dengan mempertimbangkan dukungan Saudi terhadap terorisme, rapor merahnya di bidang HAM, dan cara-cara ilegalnya dalam agresi atas Yaman, seharusnya Kongres mengkaji apakah penjualan senjata senilai milyaran dolar (kepada Saudi) akan berguna bagi keamanan nasional kita atau tidak.”

Tahun lalu, tiga senator ini juga mengajukan usulan serupa untuk mencegah penjualan tank dan perangkat lain senilai 1,15 milyar dolar. Namun, usul mereka saat itu ditolak oleh anggota-anggota Senat lainnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL