Wellington,LiputanIslam.com-Para pejabat Selandia Baru mengumumkan, mereka telah mengusir seorang diplomat Amerika bernama Colin White. Langkah ini diambil menyusul keengganan Washington untuk mencabut kekebalan diplomatik White saat polisi sedang melakukan penyelidikan terhadapnya.

Bill English, Perdana Menteri Selandia Baru, menyesalkan sikap pemerintah Trump ini. Dia berkata,”Saya berharap pemerintah Amerika sendiri yang melakukan investigasi.”

“Kami mengharap semua diplomat yang berada di negara kami untuk menghormati undang-undang. Jika mereka melanggar, kami minta polisi untuk menyelidikinya,”ujar English.

English menyatakan, dia prihatin Amerika tidak mau mencabut kekebalan diplomatik White. Kasus ini kini ditangani para pejabat Amerika.

Sebelum ini, Murray McCully, Menlu Selandia Baru, mengungkapkan keputusasaannya atas keengganan Washington mencabut kekebalan diplomatik pejabatnya. Dia menuntut agar diplomat AS ini dideportasi.

McCully mengabarkan bahwa dubes Selandia Baru di Washington telah menyampaikan detail permasalahan kepada para pejabat AS.

Media-media lokal melaporkan, White beserta anak dan istrinya telah meninggalkan Selandia Baru.

Tindak kriminal diplomat Amerika ini belum diumumkan. Namun media-media Selandia Baru mengabarkan bahwa White meninggalkan negara ini dengan hidung patah dan mata lebam. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL