PollingBerlin, LiputanIslam.com Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapatkan ‘kehormatan’ dariAlles Schall und Rauch, sebuah situs yang berbasis si Jerman, seperti dikutip Presstv, (13/12/2015). Setelah melakukan polling kepada lebih dari 3.000 pembaca asal Jerman dan 40 negara lainnya, ketiga pemimpin tersebut dinobatkan sebagai “the world’s top three liars of 2015” atau top tiga pembohong sedunia 2015.

Lebih dari 39% peserta menobatkan Merkel sebagailiar of the year”. 21 % memilih Obama, dan 18% memilih Erdogan.

Pemimpin negara lainnya yang juga dianggap tukang bohong adalah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko dengan prosentase masing-masing 8% dan 7,8%.

Sementara itu, Presiden Iran Hassan Rouhani mendapatkan ‘hanya’ 0,03 %, dan Presiden Suriah Bashar al-Assad ‘hanya’ mendapatkan 0,10%. Rendahnya angka polling menunjukkan bahwa kedua pemimpin ini dipercaya oleh publik internasional.

Presiden Perancis Francois Hollande, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dan Presiden Rusia Vladimir Putin juga dianggap sebagai politisi yang jujur.

Polling ini digelar kurang dari seminggu setelah majalah Time yang berbasis di New York menobatkan Merkel sebagai “Person of the Year”, karena kesediaannya untuk membuka perbatasan dan mengizinkan pengungsi memasuki Eropa. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL