NewDelhi,LiputanIslam.com-Dilansir dari Sputnik, kemenlu AS memperingatkan para sekutunya, jika mereka berniat membeli perangkat militer dari Rusia, Washington akan menjatuhkan sanksi kepada mereka.

Menurut laporan The Hindu, juru bicara kemenlu AS dalam wawancara dengan harian ini mengatakan,”Kami meminta dari semua sekutu kami agar tidak bertransaksi dengan Rusia, sehingga mereka aman dari bahaya sanksi atas para penentang AS.”

Peringatan ini dilontarkan usai menlu India menyatakan bahwa membeli perangkat militer adalah “hak kedaulatan” negaranya. Subrahmanyam Jaishankar berharap agar AS memaklumi tekad India untuk membeli sistem pertahanan S-400 Rusia.

“Kami selalu mengatakan, semua yang kami beli adalah sumber perlengkapan militer kami, dan merupakan sebuah keputusan independen,”tegas Jaishankar kepada wartawan.

New Delhi menjalin kesepakatan senilai 5, 430 milyar dolar dengan Moskow untuk membeli S-400. Jika presiden AS tidak memberikan kelonggaran, India akan segera dijatuhi sanksi begitu ia mengirim pembayaran untuk S-400. Meski demikian, kabarnya India dan Rusia memiliki mekanisme pembayaran yang diyakini bisa menghindarkan New Delhi dari sanksi.

Sebelum ini, Turki pada tahun 2017 juga sepakat untuk membeli S-400 dari Rusia. Kesepakatan ini mendapat penentangan dan ancaman keras dari AS. Namun Ankara tetap bersikukuh dan telah menerima muatan pertama S-400 pada musim panas tahun ini. (af/yjc)

Baca Juga:

Houthi Yaman Akui Sedang Mempersiapkan Serangan Terbaru ke Arab Saudi

Insiden Aramco Hilangkan Kepercayaan Keluarga Dinasti al-Saud kepada Bin Salman

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*