Damaskus,LiputanIslam.com—Situasi terkini di Suriah sudah semakin membaik. Kekalahan kelompok teroris ISIS dan kelompok-kelompok teor lainnya telah membuat Suriah lebih aman dari sebelumnya. Meski peperangan masih terjadi di beberapa titik, tetapi sebagian pengungsi Suriah telah merasa aman untuk kembali ke kampung halaman mereka di Homs dan Damaskus yang telah berhasil dikuasai oleh pemerintah Suriah.

Yuri Yevtushenko, Kepala Pusat Rekonsiliasi Partai Oposisi di Suriah mengatakan pada Senin (21/5) bahwa lebih dari 290 warga Suriah telah kembali ke rumah mereka di Provinsi Homs dan Damaskus.

“Pemulihan infrastruktur yang rusak dan upaya normalisasi sosial yang dilakukan oleh pemerintah Suriah telah menarik minat para pengungsi Suriah untuk kembali ke rumah mereka yang dulu. Hari ini saja, sekitar 179 pengungsi telah kembali ke rumah mereka di Homs dan sekitar 114 orang kembali ke Ghouta Timur. Pusat rekonsiliasi Rusia terus memantau hal ini,” ucapnya.

Berdasarkan atas keterangan Yevtushenko, perbaikan listrik dan sistem perairan di Kota Douma terus dilakukan sepanjang waktu. Para relawan membersihkan kota tersebut dari puing-puing yang di sepanjang jalan.

“Para teknisi lapangan Suriah yang dilatih oleh para ahli Rusia terus menyisir alat peledak dan bom yang mungkin dipasang oleh kelompok teroris,” pungkasnya. (fd/AMN)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*