Gaza,LiputanIslam.com—Jet tempur Israel baru saja melancarkan serangannya di beberapa lokasi di Jalur Gaza, termasuk pelabuhan dan menghancurkan kapal milik penduduk setempat. Para penduduk setempat mengatakan pada Rabu (23/5) bahwa kapal yang hendak berlabuh ke pantai itu meledak dan terbakar akibat serangan udara Israel pada Rabu pagi.

Selain itu, militer Israel mengatakan bahwa pesawat udaranya pun telah mengancurkan bangunan yang digunakan oleh kelompok perlawanan Hamas Palestina di utara Gaza.

Militer Israel juga mengatakan bahwa beberapa serangan ini dilakukan sebagai respon atas serangan yang dilakukan oleh sekelompok orang Palestina ke arah pos kosong militer Israel.

Ketegangan di Jalur Gaza telah berlangsung sejak 30 Maret lalu, yang dimulai dengan serangkaian aksi protes bertema “The Great March of Return”. Rakyat Palestina menuntut agar Israel segera mengembalikan hak rakyat Palestina yang terusir dari kampung halaman mereka. Benturan antara demonstran dan militer Israel mencapai puncaknya pada 14 Mei lalu, bertepatan dengan peringatan “Hari Nakba” yang ke-70 dan pemindahan kedutaan Amerika untuk Israel ke Yerussalem al-Quds.

Saat bentrokan berlangsung, setidaknya 65 demonstran Palestina meninggal dunia dan lebih dari 2.700 lainnya mengalami luka-luka akibat akibat tembakan dan gas air mata militer israel. Dewan Keamanan (DK) PBB telah mengecam tindakan militer Israel yang dianggap dilakukan tidak pada tempatnya.

Setelah kejadian itu, Menlu Palestina, Riyadh al-Maliki, meminta pengadilan Internasional (ICC) segera menyelidiki pelanggaran tersebut. Sampai saat ini, sebanyak 2.200 warga Palestina gugur akibat serangan yang dilakukan oleh Israel sejak 2008. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*