Sanaa,LiputanIslam.com-Sebuah brigade dari tentara Sudan yang berada di barat laut Yaman dikabarkan telah meninggalkan negara tersebut.

Menurut laporan situs UEA, Arabi 21, yang dikutip dari dua sumber Yaman, brigade bernama al-Hazm al-Tsani yang ditempatkan di kawasan Maydi dan Haradh di provinsi Hajjah itu telah kembali ke Sudan. Brigade tersebut telah berada di kawasan itu semenjak delapan bulan lalu.

Berdasarkan laporan Arabi 21, brigade al-Hazm al-Rabi` akan menggantikan al-Hazm al-Tsani. Upacara pelepasan komandan brigade ini telah dilaksanakan pada Sabtu lalu.

Kehadiran tentara Sudan di Yaman telah menimbulkan kontroversi di dalam negeri, lantaran menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa dari kalangan mereka. Pasukan pertama koalisi Saudi yang terdiri dari 400 perwira dan serdadu Sudan masuk ke Yaman pada September 2015 lalu. Namun pemerintah Sudan dan media-media Saudi mengontrol ketat publikasi berita tentang serdadu Sudan yang tewas dalam perang Yaman selama tiga tahun terakhir.

Dalam sebuah riset lapangan yang dilakukan harian al-Arabi al-Jadid beberapa bulan lalu, sejak kehadiran tentara Sudan di Yaman, hampir 850 serdadu negara ini telah tewas. Namun sebagian dari keluarga para serdadu ini tidak mendapat kabar tersebut. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*