Erbil,LiputanIslam.com—Sebuah keluarga yang terdiri dari delapan orang Yezidi telah berhasil diselamatkan dari cengkraman ISIS saat Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menggelar operasi khusus di dekat Deir ez-Zor.

Kantor berita Hawar, Suriah, melaporkan pada Sabtu (18/11) bahwa Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menggelar operasi khusus pada pagi hari di dekat Deir ez-Zor untuk menyelamatkan lima orang anak dan tiga perempuan yang sebelumnya telah disandera oleh kelompok teroris ISIS.

Sebuah keluarga Yezidi berhasil diselamatkan setelah area di dekat Deir ez-Zor itu berhasil dibebaskan. SDF menyampaikan kepada Hawar bahwa masih ada beberapa keluarga yang dominan diisi oleh anak-anak dan perempuan, masih berada di bawah kendali ISIS.

Sejak ISIS memasuki daerah itu pada Agustus 2014, mereka menangkap ribuan orang Yezidi. Sebagian bahkan telah dieksekusi masal. Para gadis dan ibu-ibu diambil untuk dijual sebagai budak sex oleh anggota ISIS.

Berdasarkan atas laporan yang dirilis oleh YAZDA, komunitas HAM Yezidi, pada September bahwa sekitar 7.000 laki-laki Yezidi, perempuan, dan anal-anak telah diculik sejak pertama kali ISIS melakukan serangan di daerah Shingal pada Agustus 2014.

Namun, sampai saat ini, ISIS telah mengalami serangkaian kekalahan di Deir ez-Zor, termasuk kekalahannya secara de facto di Kota Raqqa. (fd/Rudaw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL