Baghdad,LiputanIslam.com-Para tokoh Irak memperingatkan Saudi soal tantangan Riyadh terhadap Teheran. Mereka menasihati agar para petinggi Saudi mengambil pelajaran dari nasib Saddam Husein. Alih-alih mengancam Iran, Saudi disarankan untuk menyelamatkan diri dari rawa perang Yaman.

Tariq Harb, seorang pakar hukum Irak, mencibir ancaman yang dilayangkan Saudi kepada Republik Islam Iran. Kepada IRNA, dia mengatakan, Saudi saat ini tengah terjebak di rawa-rawa Yaman hingga lehernya. Jadi, sebaiknya Saudi mencari jalan keluar dahulu, baru menantang Iran.

Harb berpendapat, ancaman dan provokasi Saudi terhadap Iran hanya untuk konsumsi media belaka.

Dia menilai, kebrutalan yang terus dilakukan Saudi terhadap rakyat Yaman termasuk kejahatan perang, sehingga bisa saja mereka diseret ke meja hijau internasional.

Muhammad bin Salman dalam statemen terbarunya menegaskan, Iran harus dijatuhi sanksi ekonomi lebih banyak lagi. Di sisi lain, banyak pihak yang menghendaki agar para petinggi Saudi dan pendukung utama mereka (Amerika) dihukum atas pembantaian rakyat Yaman.

Seorang anggota Komisi Hubungan Luar Negeri Parlemen Irak juga mengatakan, hendaknya Saudi berkaca pada nasib yang menimpa Saddam Husein.

Menurut Khalid al-Asadi, sebagaimana Saddam tidak mendapatkan manfaat dari petualangan militernya atas Iran, pihak-pihak lain juga akan mengalami hal serupa. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL