Riyadh,LiputanIslam.com-Dengan semua hiruk pikuk Saudi yang memproduksi lebih banyak minyak mentah guna menggantikan minyak Iran, hanya satu pembeli lama minyak Iran yang bersedia menerima tawaran Saudi.

Reuters dalam laporannya, Senin (13/5) menyebutkan, hanya korporasi minyak asal India, Mangalore, yang siap membeli kelebihan produksi minyak Saudi. Mangalore berencana membeli 2 juta barel minyak mentah Saudi di bulan Juni mendatang.

Menurut sumber-sumber Reuters, Saudi di bulan lalu mendekati para pembeli India. Tujuannya adalah menawarkan jalan untuk menutupi kerugian akibat tidak bisa membeli minyak dari Iran.

Usai keluar secara sepihak dari kesepakatan nuklir (JCPOA), AS menjatuhkan sejumlah sanksi baru atas Iran. Washington hanya memberikan kelonggaran sanksi selama 6 bulan kepada para pembeli utama minyak Iran, termasuk India.

Dengan cara ini, India bisa membeli sekira 300 ribu barel minyak Iran per hari. Namun, bulan lalu, AS mencabut kelonggaran ini dan mengancam para pembeli minyak Iran dengan sanksi-sanksi.

Para petinggi Mangalore enggan mengomentari laporan dari Reuters ini. Namun seorang pejabat perminyakan India mengatakan, New Delhi menganggap minyak Irak dan UEA lebih berkualitas daripada minyak Saudi. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*