Ankara,LiputanIslam.com-Harian terbitan Turki,  Star, menyatakan bahwa Saudi telah mulai memberikan dukungan materi dan spiritual kepada Partai Pekerja Kurdi (PKK). Menurut harian ini, langkah ini diambil Saudi sebagai bentuk pelayanan untuk Amerika dan pendekatan baru kepada Rezim Zionis.

Star melaporkan, para wakil media-media Saudi melakukan aktivitas masif di kawasan-kawasan yang dikuasai pasukan Kurdi Suriah ini. Media-media Saudi ini menjustifikasi perlawanan PKK terhadap Turki. Di pihak lain, atas perintah dari putra mahkota Saudi, media-media negara ini tidak memuat berita negatif tentang partai Kurdi tersebut.

“Atas instruksi Muhammad bin Salman, media-media Saudi tidak boleh memberitakan penentangan atas keputusan Trump terkait al-Quds,”tulis Star.

Diakuinya al-Quds sebagai ibukota Israel oleh Trump telah memicu kemarahan negara-negara Islam, termasuk Turki. Para pejabat tinggi negara ini berulangkali mengutuk keputusan presiden Amerika ini.

Dalam rapat luar biasa OKI yang digagas oleh Erdogan di Istanbul, al-Quds Timur dinyatakan sebagai ibukota Palestina.

Lantaran Saudi memiliki hubungan dekat dengan Amerika, Raja Salman tidak menghadiri rapat OKI tersebut. Para pejabat tinggi Saudi juga tidak memberikan respon keras terhadap langkah Trump. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL