Beirut,LiputanIslam.com-Presiden Lebanon, Michel Aoun, dikabarkan akan meminta negara-negara Arab menekan Saudi guna menjelaskan nasib Saad Hariri.

Stasiun berita al-Alam melaporkan, seorang perwira tinggi Lebanon, Abbas Ibrahim, telah tiba di Prancis untuk mencari kejelasan soal pengunduran diri Hariri dari jabatan perdana menteri.

Reuters pada Kamis kemarin (9/11) mengutip dari seorang pejabat tinggi Lebanon yang mengatakan, para pejabat Lebanon berkeyakinan bahwa Saad Hariri ditahan di Saudi.

Menurut harian terbitan Lebanon, al-Akhbar, Michel Aoun berpendapat bahwa Hariri telah diculik di Saudi. Presiden Lebanon ini meminta agar Hariri segera dibebaskan.

Aoun sebelum ini menyatakan, dia tidak akan menerima pengunduran diri Hariri sebelum ia kembali ke Lebanon. Pengumuman ini disampaikan istana kepresidenan Lebanon pada Minggu pekan ini (5/11).

Perdana menteri Lebanon, Saad Hariri, pada Jumat pekan lalu meninggalkan negaranya menuju Saudi. Sehari setelah sampai ke Riyadh, ia mengumumkan pengunduran dirinya melalui televisi pemerintah Saudi.

Pengunduran diri ini tak pelak menimbulkan kegemparan di tengah pentas politik Lebanon dan regional. Kabar itu memicu sejumlah pertanyaan, terlebih pengunduran diri itu diumumkan Hariri di luar Lebanon. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL