Sanaa,LiputanIslam.com-Sebuah situs berita Yaman, al-Arabi, mempublikasikan sebuah dokumen rahasia Khalid bin Salman, dubes Saudi untuk AS. Dokumen rahasia itu menunjukkan, Riyadh dan Abu Dhabi merancang rencana untuk melemparkan tanggung jawab komando koalisi agresor Yaman ke pundak AS.

Jika rencana ini berhasil, AS akan terlibat langsung dalam perang Yaman, serta membuka sejumlah pangkalan militer di negara tersebut.

Surat dengan klasifikasi “sangat rahasia” itu berisi laporan pertemuan para dubes Saudi dan UEA di Washington dengan para dubes anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Saudi dan UEA berusaha meyakinkan negara-negara anggota tetap DK PBB untuk mengadakan rapat luar biasa, juga merilis resolusi tentang intervensi militer langsung di Yaman.

Riyadh dan Abu Dhabi mengklaim, tentara Yaman adalah ancaman bagi keamanan maritim internasional. Dalih ini mereka jadikan senjata untuk menarik dukungan internasional kepada agresi koalisi Saudi. Kedua negara tersebut menghendaki agar Bab al-Mandab dan pelabuhan-pelabuhan Yaman diawasi oleh PBB.

Menurut laporan al-Arabi, pertemuan-pertemuan tersebut juga dihadiri oleh perwira senior biro keamanan nasional dan spionase kementerian pertahanan AS. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*