Beirut,LiputanIslam.com-Sumber-sumber yang terkait “Gerakan 8 Maret” Lebanon menyatakan, Saudi berusaha memperkuat “Gerakan 14 Maret” dalam pemilu legislatif. Mereka juga mendanai biaya kampanye dan mendiktekan sejumlah instruksi kepada Saad Hariri.

Harian al-Diyar terbitan Lebanon mengabarkan, rezim Saudi mendapat perintah dari AS untuk mendukung “Gerakan 14 Maret” dalam pemilu legislatif.

Menurut sumber-sumber itu, tujuan Saudi dari langkah ini adalah mencegah Hizbullah memperoleh sepertiga kursi di parlemen Lebanon.

“Ada kemungkinan Saad Hariri akan kembali dari Riyadh dengan suara lantang. Dia akan melaksanakan rencana Saudi untuk menyertakan Partai al-Quwat al-Lubnaniyah dan al-Mustaqbal dalam pemilu. Hariri juga akan memperkuat hubungannya dengan Michel Aoun (presiden Lebanon),”demikian dinyatakan sumber-sumber tersebut.

Hariri juga disebut-sebut telah mencapai kesepakatan dengan Saudi terkait situasi dirinya.

Sebelum ini, Anwar Eshki, direktur Pusat Riset Politik dan Strategi Riyadh, menyatakan, masalah pemilu legislatif Lebanon adalah topik utama perbincangan Hariri dengan Raja Salman.

“Saudi ingin agar Hizbullah tidak mendapatkan banyak kursi di pemilu,”ujar Eshki.

Sebelum ini, Sekjen Hizbullah mengatakan bahwa kedubes AS dan Saudi terus memantau kawasan Baalabak.

“Ketika mereka berkumpul di kedubes Saudi dan berbicara tentang daftar nama dan uang, artinya bahwa mereka telah mulai beraksi di kawasan kita,”kata Sayyid Hasan Nasrullah. (af/alalam/mehr)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL