Riyadh,LiputanIslam.com-Menteri Luar Negeri Saudi menyatakan, pihaknya tidak menerima negosiasi apa pun terkait 13 syarat yang diajukan kepada Qatar. Menurutnya, Qatar hanya memiliki dua pilihan: menerima syarat-syarat tersebut atau dikucilkan.

Adel al-Jubeir mengatakan, semua syarat itu harus dipenuhi Qatar guna menormalisasi hubungan diplomatik kedua negara. Dia menyatakan, syarat-syarat itu tak bisa dirundingkan sama sekali. “Dihentikannya pendanaan untuk terorisme bergantung kepada kehendak Qatar,”ujarnya.

Jumat pekan lalu, Saudi, Bahrain, UEA, dan Mesir memberikan sejumlah syarat yang mesti dipenuhi Qatar. Di antaranya adalah memutus hubungan dengan Iran, menutup stasiun al-Jazeera, dan menutup pangkalan militer Turki di Qatar. Doha sendiri menyebut syarat-syarat itu “sangat berlebihan.”

Rex Tillerson, menteri luar negeri Amerika, pada hari Minggu (25/6) juga turut menanggapi daftar tuntutan tersebut. Menurut pendapatnya, syarat-syarat Saudi dan sekutunya itu “sangat berat” untuk diwujudkan.

Setelah berlalunya separuh dari 10 hari tenggat waktu yang diberikan kepada Qatar, al-Jubeir dalam pertemuan di kantornya menegaskan, Riyadh tidak akan bersikap lunak sama sekali terkait syarat-syarat tersebut.

“Mereka harus menerima syarat-syarat kami, atau akan terus dikucilkan,”ancamnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL