Riyadh,LiputanIslam.com-Harian Washington Post (WP) mengabarkan, Saudi akan memberikan rumah senilai jutaan dolar dan gaji 5 digit (dalam dolar) sebagai ganti rugi kepada anak-anak Jamal Khashoggi.

Kabar ini dikutip WP dari para pejabat Saudi, juga dari orang-orang dekat keluarga jurnalis Saudi tersebut.

Menurut WP, kemungkinan usai berakhirnya pengadilan para tersangka pembunuh Khashoggi, dua putra dan dua putrinya akan menerima puluhan juta dolar sebagai diyat (uang darah) ayah mereka.

Sejumlah pembayaran yang terungkap sebelum ini bertujuan untuk meyakinkan keluarga Khashoggi agar mereka tidak mengumbar statemen di depan khalayak.

“Pembayaran uang senilai 10 ribu dolar atau lebih tahun lalu didukung Raja Salman bin Abdul Aziz. Ini adalah bukti sebuah ketidakadilan di sini,”ujar pejabat Saudi yang enggan namanya disebut.

Berdasarkan laporan WP, pemerintah Saudi akan memberi masing-masing anak Khashoggi sebuah rumah senilai 4 juta dolar di Jeddah.

Seperti diketahui, Khashoggi dibunuh pada 2 Oktober 2018 di konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Dia dibunuh dan dimutilasi oleh tim teror berjumlah 15 orang yang dikirim dari Riyadh.

Setelah sempat membantah terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, pemerintah Saudi akhirnya mengakui misi itu dilakukan kelompok yang ‘terlalu berinisiatif.’ Pengadilan atas 11 orang yang dituduh terlibat telah dimulai pada tahun ini.

Meski sudah 6 bulan berlalu sejak Khashoggi dibunuh, sejumlah detail kasus ini, terutama peran Muhammad bin Salman, masih buram. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*