Riyadh,LiputanIslam.com-Kontroversi seputar postingan sebuah akun Saudi yang mengancam Kanada dengan serangan ala 11 September, akhirnya memaksa kementerian kominfo negara ini memberikan penjelasan.

Melalui akun Twitter-nya, kementerian kominfo Saudi menyatakan, usai diterimanya sejumlah pengaduan terkait foto yang diunggah oleh akun “infographic+ksa,” pihak kementerian kominfo telah memperingatkan pemilik akun tersebut, juga memintanya untuk menutup akun itu hingga berakhirnya investigasi berdasarkan aturan terkait publikasi berita di dunia maya.

Kejadian bermula dari pengusiran dubes Kanada oleh Riyadh. Kemenlu Saudi pada Senin (6/8) dalam statemennya menyebut dubes Kanada sebagai “unsur yang tak diinginkan” dan memanggil dubesnya dari Ottawa. Setelah itu, Riyadh juga mengumumkan telah membekukan kesepakatan dagang antara kedua negara.

Kanada dituding kemenlu Saudi telah “melakukan campur tangan terbuka” dalam urusan dalam negeri Saudi.

Sebelum ini, Kanada mengutarakan kekhawatirannya atas penangkapan sejumlah aktivis sipil oleh Saudi. Ottawa meminta agar pemerintah Saudi segera membebaskan mereka.

Usai terbetiknya kabar ini dan munculnya reaksi negatif terhadap tindakan Riyadh, sebuah akun Twitter milik situs pemerintahan Saudi memposting sebuah gambar yang memicu kontroversi.

Gambar ini menunjukkan sebuah maskapai Kanada yang akan menabrak gedung pencakar langit di Toronto, Kanada. Gambar ini mengingatkan publik akan peristiwa 11 September dan serangan ke menara kembar WTC di New York. Gambar itu juga memuat sindiran atas intervensi Kanada di Saudi.

Sesaat setelah diposting, tweet bernada ancaman itu dihapus dan digantikan dengan tweet serupa, namun tanpa gambar simulasi 11/9.

Pencarian nama pengguna akun itu di Twitter juga mengalami kesulitan, hingga menjadi jelas bahwa pihak situs itu telah menghapus semua akunnya di Twitter. Meski demikian, netizen Kanada dan Barat sempat mengambil screen shoot dari postingan tersebut dan membagikannya di media-media sosial. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*