Beirut,LiputanIslam.com-Menurut laporan situs berita al-Akhbar yang dikutip dari sumber-sumber Saudi, Muhammad bin Salman berencana mengundang Bahaa Hariri, adik Saad Hariri, ke Riyadh. Saudi dikabarkan akan ‘membaiat’ Bahaa sebagai ketua baru gerakan al-Mustaqbal menggantikan kakaknya.

Seperti diketahui, Saad Hariri pada Sabtu (4/11) secara tak terduga mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Lebanon. Melalui surat pengunduran dirinya, ia mengaku menjadi target pembunuhan seperti ayahnya, Rafik Hariri. Dia juga melontarkan sejumlah tudingan terhadap Iran dan Hizbullah Lebanon dalam surat tersebut.

Sejumlah pihak berpendapat, pengunduran diri Saad Hariri dilakukan atas tekanan dari Saudi. Tujuannya adalah untuk menciptakan instabilitas dan kekisruhan di Lebanon.

Sekjen Hizbullah sendiri menanggapi pengunduran diri Hariri dengan tenang. Menurut Sayyid Hasan Nasrullah, alasan sebenarnya dari tindakan Hariri baru bisa diketahui setelah ia kembali ke Lebanon dan menjelaskan motif pengunduran dirinya.

Usai pengunduran diri Saad Hariri, Saudi berkomentar dengan menuding Iran melakukan intervensi di Lebanon melalui Hizbullah. Namun, dengan terbetiknya berita soal Bahaa Hariri, bisa dilihat siapa sebenarnya yang melakukan intervensi di Lebanon. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL