Saudi,LiputanIslam.com—Salah satu dokumen menyebutkan bahwa Wakil Putra Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman dan rekannya dari UEA, Mohammed bin Zayed, telah memberikan dukungan finansial kepada kelompok-kelompok teroris ISIL dan al-Qaeda.

Berdasarkan atas berita al-Masdar, dokumen-dokumen yang diperoleh dari dubes Qatar di Washington juga menunjukkan bahwa sekretaris deputi keuangan AS telah mengatakan kepada dubes Qatar untuk Washington, Jaham Al Kuwairu, bahwa dua pangeran tersebut telah berhubungan dengan Abdullah bin Faisal Al Ahdi dan Ali Bakr Hassan, dua teroris al-Qaeda yang terkenal di Yaman.

Dokumen tersebut juga menunjukkan bahwa Khalid bin Ali Al Humaidan, kepala Intelijen Saudi, telah memberikan dukungan berupa senjata dan peralatan perang kepada dua teroris ISIL.

Di dalam dokumen yang berjumlah enam halaman itu, sekretaris deputi keuangan AS secara jelas mengkritisi peran keluarga Salman untuk memperkuat ISIL dan al-Qaeda.

Komandan senior militer Yaman mengungkapkan, pada Januari, bahwa Saudi Arabia mengambil keuntungan atas kehadiran kelompok teroris, termasuk al-Qaeda dan ISIL, di wilayah Bab al-Mandab.

“Dalam beberapa hari ini, tentara Yaman dan pasukan rakyat telah berusaha keras untuk mencegah kemajuan milisi yang dipimpin oleh Saudi di bagian utara wilayah Dhubab,” ucap Komandan Senior Yaman, Hamed Anwar al-Nour.

Ia menambahkan bahwa tentara koalisi Saudi juga melibatkan al-Qaeda dan ISIL dalam setiap serangan mereka.

Komandan tersebut menegaskan bahwa tentara Yaman berupaya untuk menghalangi kelompok militan yang mendapat dukungan dari Saudi berupa helikopter Apache kerajaan untuk maju ke daerah al-Jadid, al-Kadaheh, al-Khazra, dan al-Amri untuk kemudian menuju wilayah Dhubab Utara.

“Puluhan militan yang didukung Saudi terbunuh dan sebagian mengalami luka-luka. Sementara itu, kendaraan lapis baja mereka juga berhasil dihancurkan,” imbuhnya.

Komandan tersebut juga mengatakan bahwa pemboman yang dilakukan Saudi terhadap wilayah pemukiman di Yaman, tidak akan membantu kelompok militan yang didukung Saudi untuk maju ke daerah Dhubab dan al-Mukha. (fd/Fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL