Riyadh,LiputanIslam.com-Sebuah media Prancis pada Jumat (1/6) mengabarkan, Saudi mengancam akan menyerang Qatar jika negara ini mendapatkan sistem pertahanan rudal S-400.

Menurut sejumlah sumber yang dikutip oleh harian Le Monde, raja Saudi dalam surat untuk presiden Prancis mengungkapkan “kekhawatiran mendalamnya” atas pembicaraan Moskow-Doha soal penjualan S-400. Raja Salman menyatakan, jika Qatar mendapatkan sistem pertahanan udara ini, Saudi akan melakukan serangan militer ke negara tersebut.

Dubes Qatar untuk Rusia pada Januari lalu mengatakan, perundingan negaranya dengan Moskow untuk membeli S-400 telah “menempuh tahap-tahap kemajuan.” Raja Saudi dalam lawatannya ke Rusia pada Oktober 2017 juga menandatangani kesepakatan awal untuk membeli S-400.

Menurut Le Monde, Raja Salman menganggap penyerahan S-400 kepada Qatar membahayakan kepentingan keamanan Saudi. Oleh karena itu, ia meminta Prancis menekan Qatar untuk membatalkan transaksi tersebut.

“(Dalam kondisi semacam ini) Saudi siap mengambil semua langkah yang diperlukan, termasuk opsi militer, guna mencegah Qatar memiliki sistem ini,”tulis Raja Salman dalam suratnya kepada Macron.

Seperti diketahui, Saudi beserta sekutunya (UEA, Bahrain, dan Mesir) pada 5 Juni 2017 lalu menuduh Qatar sebagai pendukung terorisme dan dalang kekacauan di kawasan. Mereka lalu melakukan blokade laut, darat, dan udara atas Qatar. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*