Beirut,LiputanIslam.com-Sebuah sumber Palestina menyatakan, saudari Saad Hariri mengapresiasi dukungan sekjen Hizbullah saudaranya dalam kasus pemaksaaan pengunduran dirinya.

Menurut laporan el-Neshra, seorang petinggi kelompok pembebasan Palestina yelah berbicara dengan Bahia Hariri soal saudaranya. Berdasarkan pengakuan Bahia, Sayyid Hasan Nasrullah sejak awal telah menentang pengunduran diri Saad Hariri. Sayyid Nasrullah menyatakan, Hariri telah memberitahu Hizbullah bahwa dia akan melanjutkan tugasnya di pemerintahan Lebanon. Hariri mengaku tidak ingin mundur dan berniat mengambil kebijakan penting di bidang listrik, gas, minyak, dan selainnya.

Bahia menuturkan, sejak kepulangan Hariri dari Saudi, sikap Sayyid Nasrullah didasari prinsip kesetiaan insani dan tanggung jawab nasionalnya. Sekjen Hizbullah, Michel Aoun, dan Nabih Berri selalu mendukung Hariri. Dukungan mereka mempercepat proses kepulangannya ke Lebanon dan menggagalkan rencana pelengserannya.

Menurut el-Neshra, awalnya Bahia menduga Sayyid Nasrullah dan kelompok lainnya akan menanggapi pengunduran diri saudaranya secara konstitusional. Artinya, pengunduran itu akan segera diterima dan penggantinya akan dicari. Namun, kebijakan Sayyid Nasrullah dan para petinggi Lebanon menggagalkan konspirasi Saudi, sehingga pengunduran diri itu hanya terjadi di atas kertas.

Dukungan Sayyid Nasrullah membuat hubungan Hizbullah dan kelompok al-Mustaqbal kian dekat. Wakil dari kedua pihak telah berkali-kali bertemu untuk berkoordinasi soal pemulangan Hariri. Usai Hariri pulang, kedua pihak juga terus bertemu untuk membicarakan skenario pembatalan pengunduran diri Hariri.(af/alalam/isna)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL