Kuala Lumpur,LiputanIslam.com-Media-media Korea Selatan melaporkan, Kim Jong-nam, saudara tiri Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara, tewas di bandara Kuala Lumpur, Malaysia. Dia dibunuh dengan suntikan beracun oleh dua wanita yang diduga sebagai agen Korut.

Menurut laporan media, dua wanita langsung kabur dari bandara dengan menggunakan taksi.

Sementara ini, pejabat Seoul dan Kuala Lumpur belum mengkonfirmasi kematian Kim Jong-nam.

Polisi Malaysia mengumumkan, seorang warga Korea Utara meninggal dalam perjalanan dari bandara menuju rumah sakit. Namun aparat kepolisian Malaysia masih belum bersedia mengungkapkan jati diri korban pembunuhan tersebut.

Seorang perwira polisi Malaysia mengatakan,”Jenazah korban masih berada di rumah sakit. Kasus ini masih diselidiki pihak kepolisian.”

Kim Jong-nam adalah putra sulung Kim Jong-il, pemimpin Korea Utara sebelum ini. Kim Jong-il memimpin Korut sejak tahun 1994 hingga 2011.

Jong-nam pernah ditangkap tahun 2001 saat hendak memasuki Jepang dengan paspor palsu. Saat diinterogasi, dia mengaku hanya ingin mengunjungi Disneyland di Tokyo.

Banyak orang menduga bahwa dia akan menggantikan ayahnya sebagai pemimpin Korut, namun dugaan mereka meleset.

Pasca penangkapannya di Jepang, Jong-nam lebih sering berada di luar Korut. Dia menetap di pulau Makau, sebuah pulau di Laut Cina Selatan.

Beberapa tahun terakhir ini, dia mengkritik saudaranya dan sistem politik di Korut. Sebelum ini ada sejumlah laporan yang belum terkonfirmasi terkait upaya untuk meneror Jong-nam. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL