Moskow,LiputanIslam.com-Ketua Komisi Pertahanan Dewan Federasi Rusia meyakini bahwa Abu Bakar al-Baghdadi sudah tewas. Menurutnya, kabar kematian pemimpin ISIS ini seratus persen benar.

Menurut laporan Interfax, Viktor Ozerov berargumen bahwa pasca tersiarnya kabar kematian al-Baghdadi, ISIS tidak mempublikasikan foto pemimpinnya sama sekali. “Ini menunjukkan bahwa dia benar-benar sudah mati,”katanya.

Pekan lalu Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan, Abu Bakar al-Baghdadi telah tewas akibat serangan jet Rusia ke tempat pertemuan para petinggi kelompok ISIS di selatan Raqqa.

Di lain pihak, koalisi pimpinan Amerika membantah klaim yang disampaikan Rusia.

Ryan Dillon, juru bicara koalisi Amerika, menegaskan, tidak ada bukti yang menunjukkan tewasnya pemimpin ISIS. Dia mengklaim, hidup matinya al-Baghdadi tidak akan memengaruhi proses perang terhadap ISIS.

Menurut Reuters, jika memang al-Baghdadi mati, maka ia akan digantikan salah satu dari dua tokoh ISIS, yaitu Iyad al-Obaidi atau Ayad al-Jumaili. Dua orang ini pernah menjabat sebagai perwira militer Irak di masa kekuasaan Saddam Hussein.

Al-Obaidi dan al-Jumaili menjadi staf senior al-Baghdadi setelah Abu Ali al-Anbari, wakil al-Baghdadi, tewas akibat serangan udara pada tahun 2016.

Menurut Hasham al-Hashemi, pakar Timur Tengah dan ISIS, al-Jumaili menganggap al-Obaidi lebih senior daripada dirinya. Meski demikian, belum ada kejelasan siapa yang akan menggantikan al-Baghdadi. Tapi dengan melihat situasi terkini, kemungkinannya tidak lepas dari dua orang tersebut. (af/alalam/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL